Home

Senin, 27 Desember 2010

... Logo Kabupaten Gunung Mas ...

... Logo Kabupaten Gunung Mas ...

Ibukota Kuala Kurun
Logo vector Kabupaten Gunung Mas (Downlod.cdr)

Arti Logo Kabupaten Gunung Mas

RINCIAN LAMBANG DAERAH
a. Bentuk Logo segi lima
b. Tata warna : Kuning, Hijau, Putih, Merah, Cokelat dan Hitam
c. Tulisan “Gunung Mas” di atas dasar kuning dan
   “Habangkalan Penyang Karuhei Tatau” di atas dasar putih
d. Bintang lima berwarna kuning emas
e. Sepasang burung dara berwarna putih
f. Rumah Betang berwarna coklat tua motif burung tingang diatas atap berwarna merah
g. Setangkai kembang padi dengan empat belas butir 
   kembang padi berwarna kuning emas
h. Seutai bunga kapas sebanyak lima buah berwarna putih dan hijau
i. Rantai berwarna putih sebanyak 9 (sembilan) mata rantai menghubungkan 
   kembang padi dan kembang kapas.
j. Perisai (Talawang), berwarna merah dengan bingkai warna putih
k. Mandau berwarna putih
l. Tombak (lunju) berwarna putih
m. Kalata Balanga (guci) warna coklat muda
n. Pita logo motto berwarna putih
o. Bingkai logo berwarna hijau

PENGERTIAN DAN ARTI LAMBANG DAERAH
A.    UMUM
  1. Perisai (talawang) adalah alat penangkis/pertahanan untuk melindungi terhadap ancaman serta tekanan baik dari dalam maupun luar.
  2. Mandau dan tombak (lunju) alat berperang yang merupakan ciri khas masyarakat Dayak Kalimantan Tengah.
  3. Rumah Betang adalah rumah adat yang dimiliki oleh masyarakat Dayak  Kalimantan Tengah, yang disini melambangkan suatu kebersamaan serta kedamaian bagi semua masyarakat, rumah ini biasa dihuni beberapa rumpun keluarga.
  4. Kalata Balanga (guci) berupakan benda bernilai tinggi yang terbuat dari bahan bantuan yang melambangkan besarnya potensi sumber kekayaan alam yang dimiliki masyarakat Dayak Kabupaten Gunung Mas.
  5. Kembang padi dan kapas merupakan sandang dan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Gunung Mas.
  6. Rantai menghubungkan kembang padi dan kembang kapas melambangkan sandang dan pangan untuk pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat Gunung Mas yang berkesinambungan.
  7. Bintang segi lima melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa, yang merupakan pengalaman budi luhur seluruh masyarakat Gunung Mas yang berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa.
  8. Motif Bajakah (sejenis akar kayu yang menjalar) dalam talawang bentuk ukir-ukiran/ornamen ciri khas Dayak Ngaju yang merupakan bagian adat istiadat kebudayaan yang memiliki nilai sejarah.
  9. Motif Burung Tingang merupakan spesies burung langka yang hidup di rimba Kalimantan dan sebagai simbol bagi rumah adat yang memiliki nilai estetika yang tinggi.
  10. Burung Dara (sepasang merpati putih) merupakan simbol perwujudan rasa kedamaian dan keselarasan hidup dari seluruh masyarakat untuk selalu mejaga keharmonisan didalam kemajemukan bagi masyarakat yang hidup di wilayah Kabupaten Gunung Mas.
  11. Warna dasar kuning di dalam logo, paruh burung tingang, dan jendela rumah betang melambangkan defosit emas yang terkandung di bumi Gunung Mas cukup besar dan melambangkan keluhuran budi pekerti serta adanya nuansa yang selalu gembira disertai dengan jiwa dan semangat yang tinggi untuk membangun Kabupaten Gunung Mas.
  12. Warna hijau muda pada bingkai logo dan kelompok bunga kapas melambangkan kekayaan dan kemakmuran hasil sumber daya alam, pertanian, hutan dan perkebunan yang dimiliki oleh Kabupaten Gunung Mas.
  13. Warna kuning emas pada pati dan bintang lima melambangkan berlimpahnya rejeki sebagai berkat dan karunia dan pemberian Tuhan.
  14. Warna putih sepasang burung merpati, motif perisai, rantai, mandau, tombak, pita motto, buah kapas ekor motif burung tinggang dan bingkai perisai melambangkan kesucian dan budi luhur sehingga peduli akan kehidupan alam dan lingkungannya.
  15. Warna coklat tua pada atap dan tiang rumah betang melambangkan nilai-nilai solidaritas masyarakat Kabupaten Gunung Mas dalam membentuk kreativitas bangsa.
  16. Warna coklat guci, dan dinding rumah betang melambangkan sikap cinta tanah air dan bangsa serta ikut mendukung pembangunan Kabupaten Gunung Mas disegala bidang khususnya dan membangun Indonesia pada umumnya.
  17. Warna hitam tulisan “Gunung Mas dan Habangkalan Penyang Karuhei Tatau” melambangkan kehidupan masyarakat Kabupaten Gunung Mas, suci bersih kokoh, dan teguh dalam pendirian yang sifatnya kekal.
B. KHUSUS
Tulisan motto HABANGKALAN PENYANG KARUHEI TATAU berasal dari bahasa Sangiang yang mempunyai arti :
Habangkalan : Kumpulan, himpunan, cita-cita yang menyatu menjadi satu kebulatan tekad.
Penyang : Kekuatan jiwa, semangat, spiritual yang dilandasi oleh iman.
Karuhei : Daya usaha-upaya untuk mencapai suatu tujuan.
Tatau : Kesejahteraan, kebahagian, kejayaan.

C. ARTI KESELURUHAN LAMBANG
Habangkalan Penyang Karuhei Tatau yang mempunyai arti kumpulan, himpunan cita-cita yang menyatu atas dasar tekad dengan semangat yang tinggi dengan didasari agama dan keimanan dalam upaya bersama untuk membangun. Yang bertujuan mensejahterakan, membahagiakan dan kejayaan seluruh masyarakat diwilayah Kabupaten Gunung Mas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar