Home

Minggu, 03 Juli 2011

... Logo Kabupaten Kotawaringin Timur ...

... Logo Kabupaten Kotawaringin Timur ...
Ibukota Sampit
Logo Vector Kabupaten Kotawaringin Timur (Downlod.cdr)

Arti LogoKabupaten Kotawaringin Timur
A. Bentuk :
Lambang Daerah tingkat II Kotawaringin Timur berbentuk Talawang (Perisai) dengan warna dasar hijau tua, dengan garis tepi disebelah dalam berwarna putih dan sebelah luar berwarna merah. Didalam Talawang terdapat gambar Tajan (Belanga) dengan daun telinga berjumlah 4 (empat) buah, warna dasar putih, dilingkari untaian tali dengan jumlah mata pintalan 59 (lima puluh sembilan) buah.
Diatas Tajau (Belanga) terdapat 1 (satu) buah Bintang Segi Lima dengan warna dasar kuning, sedangkan dibawahnya terdapat sebagai alas terdapat pita berwarna dasar kuning bagian atas dan putih dibagian bawah bertuliskan motto Daerah Tingkat II Kotawaringin Timur "HABARING HURUNG".
Dibagian dalam gambar Tajau (Belanga) terdapat gambar :
  1. Batang Beringin (pohon beringin), dengan 5 (lima) kelompok daun yang rimbun berwarna hijau. Akar pohon beringin berjumlah 5 (lima) buah dan akar tunjangnya berjumlah 8 (delapan) buah.
  2. Mandau (parang), senjata tradisional buatan suku Dayak, dengan mata terhunus menghadap kebagian atas.
  3. Sipet (Sumpitan), senjata tradisional suku Dayak yang digunakan untuk menghadapi musuh yaitu binatang buas dan untuk menangkap buruan.
  4. Jukung Pantai (perahu pantai) dengan warna dasar hitam dan dibawahnya terdapat 1 (satu garis tebal berwarna biru.
  5. Setangkai Pirei (padi) berwarna kuning, dengan buah sebanyak 17 (tujuh belas) buah.
  6. Bulir Padi dan tangkai kapas diikat jadi satu memakai tali, dengan jumlah lilitan 7 (tujuh) buah.

B. Makna/Arti Lambang
  1. Talawang (perisai) adalah senjata suku Dayak untuk melindungi dan mempertahankan diri dari marabahaya yang datang mengancam, selanjutnya maju kedepan menumpas dan melenyapkan marabahaya tersebut. Ini melambangkan jika kepahlawanan yang tinggi serta keberanian untuk menangkis dan mempertahankan diri.
  2. Warna
    Merah : melambangkan keberanian & kepahlawanan
    Putih : melambangkan kesucian dan kejujuran
    Kuning : melambangkan kesetiaan & keluhuran
    Hijau Tua : melambangkan kesuburan & keluhuran
    Hitam : melambangkan keteguhan & keabadian
    Biru : melambangkan ketenangan
  3. Jumlah daun telingan tajau (Belanga) sebanyak 4 buah dan jumlah mata pintalan tali sebanyak 59 buah melambangkan tanggal dan tahun disahkannya Daerah Tingkat II Kotawaringin Timur yaitu bulan April 1959.
  4. Bintang Segi Lima melambangkan Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  5. Pohon Beringin adalah pohon yang melambangkan sejarah asal kata nama "KOTAWARINGIN", yaitu kota dimana banyak tumbuh pohon beringin.
  6. Mandau terhunus dengan mata menghadap kebagian atas melambangkan kesiapsiagaan setiap saat, menghadapi segala kemungkinan yang terjadi.
  7. Sipet (Sumpitan) adalah lambang kejujuran, ketulusan hati dan perdamaian. Untuk dapat mengenai sasarannya lobang sumpitan harus lurus, ini melambangkan bahwa untuk mencapai tujuan hidupnya orang harus berhati lurus atau dengan kata lain harus jujur.
  8. Jukung Pantai (Perahu Pantai) berada diatas 1 buah garis tebal melambangkan bahwa dalam wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Kotawaringin Timur terdapat 1 buah sungai besar, yaitu sungai Mentaya. Dan alat perhubungan khasnya adalah perahu sebagai sarana transportasi lewat air.
  9. Pirei (Padi) yang merupakan bahan makanan pokok rakyat melambangkan kemakmuran dan jumlah buah padi sebanyak 45 buah melambangkan tahun kemerdekaan 1945. Ini berarti kemakmuran yang akan dicapai melalui kemerdekaan bangsa yang diproklamirkan pada tahun 1945.
  10. Kapas yang merupakan bahan dasar pakaian (sandang) rakyat indonesia dengan bunga berjumlah 17 buah melambangkan kecukupan sandang yang diperoleh dari hasil kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945.
  11. Tali yang melingkari tajau (belanga) melambangkan ikatan persatuan yang tidak terberaikan dalam suatu wadah tertentu, serta disinari cahaya keagungan Pancasila yang dipancarkan oleh binatng segi lima.
  12. Motto Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, "HABARING HURUNG" yang diambil dari bahasa Dayak yang berarti "GOTONG ROYONG".
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar